(Merujuk Edaran Mendikbud No: 14 tahun 2019)
Nama
Sekolah : SMP Isen Mulang Palangka Raya
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/semester : VII (Tujuh) / II
(Genap)
Materi
Pokok : Sad Atatayi (3 x 40 Menit / 1 x
Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Prioritas Capaian
|
Sasaran
|
Melalui model pembelajaran discovery learning, peserta
didik dapat menjelaskan konsep Sad Atatayi menggunakan konsep berpikir sederhana dan
menganalisis pengertian Sad Atatayi dalam
kehidupan sesuai
konsep ajaran Hindu yang
diperoleh dari data hasil wawancara dengan memiliki sikap rasa ingin tahu,
teliti dalam melakukan pengamatan dan bertanggung jawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik.
|
Peserta
Didik
|
B.
Kegiatan
Pembelajaran
Tahapan
dan Deskripsi Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Sasaran
|
Metode/
Media/
Sumber
|
|
Pendahuluan
|
Orientasi
Mengucapkan salam panganjali, berdoa dan menyanyikan
lagu keagamaan Hindu, mengecek kehadiran,
mempersiapkan perlengkapan
dan peralatan yang diperlukan.
Apresepsi
Menerima informasi tentang pembelajaran yang akan
dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya melalui gambar.
Motivasi
Menerima informasi tentang Kompetensi Dasar, Tujuan, Manfaat, Langkah Pembelajaran, Materi dan, Penilaian yang akan dilaksanakan
|
20 Menit
|
Peserta
Didik dan Guru
|
Metode:
Pendekatan: Scientific
Learning
Metode :
Diskusi kelompok,
Tanya jawab,
dan Penugasan
Model Pembelajaran:
Discovery Learning
Media:
LKPD,
Laptop,
Internet
Sumber Belajar:
Buku Siswa
Buku Guru
Bahan Ajar
Internet
Buku Relepan
|
Kegiatan
Inti
|
Stimulation (Pemberian Rangsangan)
Guru
membagikan LKPD terkait Sad Atatayi, untuk diamati
dan didiskusikan oleh peserta didik
Problem Statement (Identifikasi Masalah)
Peserta didik mencermati LKPD
secara kolaboratif, menyusun pertanyaan dan menyiapkan bahan yang diperlukan.
Data Collection (Pengumpulan data)
Peserta
didik membaca catatan/lembar kerja, sumber lain, memperoleh, mengumpulkan
informasi sesuai LKPD guna menyelesaikan masalah dan mendiskusikan secara kolaboratif.
Data Processing (Pengolahan Data)
Peserta didik secara kolaboratif
mengolah informasi yang diperoleh untuk
menyelesaikan LKPD secara terurut
Verification (Pembuktian)
Peserta didik secara kolaboratif
melakukan pembuktian kebenaran penyelesaian LKPD, menyajikan hasil diskusi di depan kelas yang ditanggapi
kelompok lain terhadap
hasil presentasi.
Generalization (Penarikan Kesimpulan)
Peserta didik secara bersama meyimpulkan hasil pengerjaan LKPD dan mendapat penguatan terkait kesimpulan yang telah dibuat serta mengerjakan tugas individu untuk
dikumpulkan jawabannya
|
90 Menit
|
Peserta
Didik dan Guru
|
|
Penutup
|
Peserta
didik dibimbing membuat resume/kesimpulan tentang pembelajaran
yang baru dilakukan dan mempelajari materi selanjutnya, mengingatkan untuk rajin belajar dan
mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan doa dan salam Paramasanti ‘Om
santi, Santi, santi Om”
|
10 Menit
|
Peserta
Didik dan Guru
|
C.
Asesmen/Penilaian
Sikap Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Observasi, Jurnal
Penilaian diri
Penilaian antar teman (Rubrik)
|
Observasi, Jurnal
Penilaian diri
Penilaian antar teman (Rubrik)
|
Tes tertulis:
Pilihan ganda, Uraian
|
Praktik/Kinerja:
Persiapan Pelaksanaan Hasil
|
Palangka Raya, …..Desember 2019
Mengetahui,
Kepala
SMP Isen Mulang Guru Mata Pelajaran
SURYANIE,S.Pd HENY,S.Pd.AH.,M.Si
NIP.19610930 198403 2 009 NIP.19700329
200501 2 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar