Senin, 23 Desember 2019

RPP Mapel PAH Kelas 7 Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Merujuk Edaran Mendikbud No: 14 tahun 2019)

Nama Sekolah      :  SMP Isen Mulang Palangka Raya
Mata Pelajaran     :  Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Kelas/semester    :  VII (Tujuh) / II (Genap)
Materi Pokok        :  Sad Atatayi (3 x 40 Menit / 1 x Pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
Prioritas Capaian
Sasaran
Melalui model pembelajaran discovery learning, peserta didik dapat menjelaskan konsep Sad Atatayi menggunakan konsep berpikir sederhana dan menganalisis pengertian Sad Atatayi dalam kehidupan sesuai konsep ajaran Hindu yang diperoleh dari data hasil wawancara dengan memiliki sikap rasa ingin tahu, teliti dalam melakukan pengamatan dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik.
Peserta Didik

B.    Kegiatan Pembelajaran

Tahapan dan Deskripsi Pembelajaran
Alokasi Waktu

Sasaran
Metode/
Media/
Sumber
Pendahuluan
Orientasi
Mengucapkan salam panganjali, berdoa dan menyanyikan lagu keagamaan Hindu, mengecek kehadiran, mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.
Apresepsi
Menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya melalui gambar.
Motivasi
Menerima informasi tentang Kompetensi Dasar, Tujuan, Manfaat, Langkah Pembelajaran, Materi dan, Penilaian yang akan dilaksanakan
20 Menit
Peserta Didik dan Guru
Metode:
Pendekatan:  Scientific Learning
Metode :
Diskusi kelompok,
Tanya jawab,
dan Penugasan
Model Pembelajaran:  Discovery Learning

Media:
LKPD,
Laptop,
Internet

Sumber Belajar:
Buku Siswa
Buku Guru
Bahan Ajar
Internet
Buku Relepan

Kegiatan Inti
Stimulation (Pemberian Rangsangan)
Guru membagikan LKPD terkait Sad Atatayi, untuk diamati dan didiskusikan oleh peserta didik  
Problem Statement (Identifikasi Masalah)
Peserta didik mencermati LKPD secara kolaboratif, menyusun pertanyaan dan menyiapkan bahan yang diperlukan.
Data Collection (Pengumpulan data)
Peserta didik membaca catatan/lembar kerja, sumber lain, memperoleh, mengumpulkan informasi sesuai LKPD guna menyelesaikan masalah dan mendiskusikan secara kolaboratif.
Data Processing (Pengolahan Data)
Peserta didik secara kolaboratif mengolah informasi yang diperoleh untuk  menyelesaikan LKPD secara terurut
Verification (Pembuktian)
Peserta didik secara kolaboratif melakukan pembuktian kebenaran penyelesaian LKPD, menyajikan hasil diskusi di depan kelas yang ditanggapi kelompok lain terhadap hasil presentasi.
Generalization (Penarikan Kesimpulan)
Peserta didik secara bersama meyimpulkan hasil pengerjaan LKPD dan mendapat penguatan terkait kesimpulan yang telah dibuat serta mengerjakan tugas individu untuk dikumpulkan jawabannya
90 Menit
Peserta Didik dan Guru
Penutup
Peserta didik dibimbing membuat resume/kesimpulan tentang pembelajaran yang baru dilakukan dan mempelajari materi selanjutnya, mengingatkan untuk rajin belajar dan mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan doa dan salam Paramasanti ‘Om santi, Santi, santi Om”
10 Menit
Peserta Didik dan Guru

C.    Asesmen/Penilaian
Sikap Spiritual
Sikap Sosial
Pengetahuan
Keterampilan
Observasi, Jurnal
Penilaian diri
Penilaian antar teman (Rubrik)
Observasi, Jurnal
Penilaian diri
Penilaian antar teman (Rubrik)
Tes tertulis:
Pilihan ganda, Uraian
Praktik/Kinerja:
Persiapan Pelaksanaan Hasil

Palangka Raya, …..Desember 2019
Mengetahui,  
Kepala SMP Isen Mulang                                                                                      Guru Mata Pelajaran


SURYANIE,S.Pd                                                                                                  HENY,S.Pd.AH.,M.Si
NIP.19610930 198403 2 009                                                                                NIP.19700329 200501 2 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar